Artikel Education, General And Islamic

Penaklukan Kota Mekah

Artikel terkait : Penaklukan Kota Mekah


Setelah perjanjian hudaibiyah, suku Khuza memproklanirakan diri untuk bersekutu dengan Nabi.Sedang suku Bani Bakar bersekutu dengan Kafir Qiraisy.Berselang 2 tahun setelah perjanjian hudaibiyah Suku Bani Bakar dan Kafir Quraisymenyerbu dan membantai suku khuza.Kemudian perwakilan dari suku khuza menghadap Nabi di Madinah untuk meminta bantuan.Kemudian Nabi mengirm duta untuk membawa misi perdamaian dengan usulan sebagai berikut.
1.        Orang Quraisy narus membayar ganti rugi terhadap para korban suku khuza, atau
2.        Oarang quraisy mekkah harus manghentikan persekutuan mereka dengan suku Bana Bakar, atau
3.        Orang quraisy harus menyatakan pembatalan terhadap perjanjian hudaibiyah.
4.        Kafir quraisy memilih alternatif ketiga, sehingga tidak ada pilihan lain kecuali harus berperang. Nabi mengumpulkan pasukan terbesar dalam sepanjang sejarah yaitu 10.000 pasukan untuk mengadakan penyerangan ke kota Mekkah. Akhirnya Nabi berhasil menaklukkan kota mekkah tepat tanggal 1 januari 630 M.
            Abu sufyan yang sidah tidak berdayaakhirnya keluar kota mekkah bersama pemuka quraisy dan dibuat terheran-heran karena Nabi justru mengampuni mereka. Nabi memesuki kota Mekkah tanpa perlawanan sedikitpun.

            Penaklukan kota Mekkah ini menjadikan islam sebagai penguasa politik tunggal di jazirah Arab. Dan mengangkat kedudukan Nabi sebagai penguasa tertinggi di jazirah ini.Ini adalah lambang kemenangan kebenaran dan terpupusnya kebatilan di Mekkah.

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz