Artikel Education, General And Islamic

Kehidupan Nabi Di Makah

Artikel terkait : Kehidupan Nabi Di Makah


Mekkah pada saat munculnya islam, berkembang pesat dan menjadi pusat perdagangan yang paling penting. Pada waktu itu mekkah adalah kota dagang yang ramai dan sibuk, yang hampir memonopoli perdagangan antara lautan india dan mediteranian. Suku quraisy melakukan semua upaya untuk meningkatkan perdagangan di mekkah.Mereka berhasil membangun hegemoni perdagangan.Kafilah-kafilahnya tersebar luas, menguasai titik-titik perdagangan internasional.Saudagar-saudagar penting di mekkah menjadi kaya raya dan mengontrol semua kehidupan ekonomi.Mekkah menjadi pusat perdagangan internasional. Para saudagar dari berbagai negara berdatangan ke mekkah untuk membuka usaha baru, mereka yang ingin mencari berkahdi mekkah hanya tinggal menghentikan kafilahnya saja disana (dan inilah yang dilakukan muhammad untuk enguasai perdagangan di mekkah). Montgomery wabt berkata, “Mekkah lebih dari sekedar pusat perdagangan, ia adalah pusat keuangan, bahkan jelas terlihat adanya berbagai aktifitas keuangan yang sangat kompleks di mekkah.Para saudagar terkemuka mekkah adalah orang-orang yang ahli dalam masalah keuangan, cakap dalam menghitung untung rugi, dan berminat untuk menenemkan investasi yang menguntungkan ke luar mulai dari Aden sampai Gaza atau Damaskus.
Pada masa muhammad banyak penduduk mekkah yang hidup dengan cara berdagang. Meskipun begitu, di mekkah belum ada organisasi negara, satu-satunya lembaga pemerintahannya adalah senat yang disebut mala’a .namun ini hanyalah lembaga musyawarah yang tidak punya hak eksekutif. Karena berkembangnya ekonomi mekkah, maka muncullah individualisme.Setiap orang bekerja untuk kepentingannya sendiri, bukan untuk kepentingan kolektif sukunya.Sehingga timbul pertentangan dan konflik. Untuk menghadapi konflik ini Nabi Muhammad memperlihatkan sifat revolusioner agama islam. Beliau menghimbau pedagang-pedagang kaya mekkah untuk memperhatikan nasib kaum fakir dan miskin, yatim piatu, dan para janda.
Nabi Muhammad mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun masyarakat arab awal, yaitu dengan memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat pada waktu itu yaitu pemikiran keagamaan.

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz