Artikel Education, General And Islamic

Ruang Lingkup Microteaching

Artikel terkait : Ruang Lingkup Microteaching


1.    Tempat Microteaching
Microteaching merupakan pengajaran yang sifatnya latihan mengajar, perlunya tempat khusus yaitu laboratorium secara representatif telah tersedia perangkat peralatan untuk menunjang kegiatan praktik pengajaran micro teaching.
2.    Bentuk microteaching
Pengajaran micro adalah suatu situasi pengajaran yang dilaksanakan dalam waktu dan jumlah siswa yang terbatas, yakni selama 4 sampai 20 menit dengan jumlah siswa sebanyak 3 sampai 10 orang. Pengajaran microteaching merupakan salah satu cara latihan praktek mengajar yang dimicrokan untuk membentuk atau mengembangkan keterampilan mengajar. Bentuk microteaching yang dikembangkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanlAIN Walisongo Semarang adalah bentuk peer group, dimana microteaching dilaksanakan bersama dengan teman sendiri sesame guru praktikan. Dalam praktiknya, kelas micro dibagi menjadi kelas pembelajaran yang didalamnya terdapat guru praktikan, kelompok siswa dan petugas pengatur waktu (timer) dan kelas observasi yang didalamnya terdapat mahasiswa yang bertugas sebagai pengamat.
a.     Aspek Keterampilan microteaching
Aspek keterampilan yang dilatihkan dalam pembelajaran micro teaching meliputi keterampilan dasar mengajar yang terdiri dari :
1.                Keterampilan membuka dan menutup
2.                Keterampilan menjelaskan
3.                Keterampilan bertanya
4.                Keterampilan mengadakan variasi
5.                Keterampilan memberikan pengamatan
6.                Keterampilan mengelola kelas
7.                Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
8.                Keterampilan mengajar perorangan
b.    Anggota microteaching
1.                Guru Praktikan
2.                 Siswa
3.                Pengamat
4.                Pengantar waktu
5.                Teknisi
c.      Langkah-langkah Prosedur Pembelajaran
Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam pembelajaran mikro :
1. Pengenalan (Pemahaman konsep pembelajaran micro)
2. Penyajian model dan diskusi
3. Perencanaan / persiapan mengajar
4. Praktik mengajar

5. Diskusi feed back / umpan balik

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz