Artikel Education, General And Islamic

Syariat Sebelum Agama Islam Hadir

Artikel terkait : Syariat Sebelum Agama Islam Hadir

Syariat Sebelum Agama Islam Hadir -  Dalam usul fikih merupakan hukum-hukum yang telah disyari’atkan Allah kepada umat terdahulu dan dibebankan kepada umat sebelum syari’atnya nabi Muhammad, seperti syari’atnya nabi Ibrohim, nabi Musa, nabi Isa dan lain sebagainya.
Syariat Sebelum Agama Islam Hadir
Imags dari ibnuabbaskendari.wordpress.com
Ada beberapa pendapat yang memberikan komentar terhadap Syariat Agama Terdahulu Sebelum Agama Islam Hadir, simak selengkapnya ya sob...

Bahwa syari’at para nabi dan umat terdahulu diantaranya ada yang dihapus oleh syari’at kita, seperti yang terdapat pada bani Isro’il, bahwa orang yang maksiat taubatnya tidak akan diterima kecuali dengan bunuh diri, sebagaimana firman Allah : 
فتوبواإلى بارئكم فاقتلواأنفسكم 
       Pengertiannya : “Bertaubatlah kalian kepada tuhan yg menciptakanmu kemudian bunuhlah diri kalian.”

Sebagaimana yang ada disebagian riwayat bahwa pakaian yang terkena najis itu tidak bisa disucikan kecuali dengan memotong bagian yang terkena najis. Pada contoh ini ulama’ sepakat bahwa nabi kita tidak diperintahkan untuk melakukan hal tersebut, bahkan jika diamalkan tidak sah.

Jika didalam al qur’an atau hadits terdapat hukum dari syari’at para nabi dan umat terdahulu, dan hukum tersebut ditetapkan untuk syari’at kita maka hukum tersebut merupakan syari’at kita, seperti puasa yg ditetapkan untuk syari’at kita dengan firman Allah : “Diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kalian.” Dalam contoh ini ulama’ sepakat bahwa puasa merupakan syari’at nabi kita dan umatnya, dan wajib mengamalkannya. Pada hakikatnya mengamalkan hal tersebut itu merupakan bentuk amal yang ada disyari’at kita

Jika didalam al qur’an atau hadits terdapat hukum dari syari’at para nabi dan umat terdahulu, dan hukum tersebut tidak ditetapkan oleh syari’at kita, dan juga tidak dihapus, maka para ulama’ dalam hal ini berbeda pendapat.

Demikian artikel tentang Syariat Sebelum Agama Islam Hadir semoga bermanfaat dan terimaksih atas kunjungannya. 

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz