Artikel Education, General And Islamic

Ruang Lingkup Psikologi

Artikel terkait : Ruang Lingkup Psikologi


Psikologi dilihat dari segi objeknya dapat dibedakan dalam dua golongan yang besar, yaitu:
1.    Psikologi yang meneliti dan mempelajari manusia.
2.    Psikologi yang meneliti dan mempelajari hewan, yang umumnya lebih tegas disebut psikologi hewan.[1]
Dalam pembahasan kali ini, penulis akan mencoba membahas mengenai psikologi yang berobjekkan manusia (walaupun kadang-kadang dikemukakan eksperimen-eksperimen dengan hewan). Sebelum mengurai lebiih rinci mengenai pembahasan yang ada pada psikologi, maka harus dikeahui bahwasanya psikologi itu terbagi menjadi dua, yaitu:
1.    Psikologi umum, yaitu psikologi yang meneliti dan mempelajari kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas psikis pada manusia yang tercermin dalam perilaku pada umumnya, yang dewasa, yang normal dan yang berkultur (dalam arti yang terisolasi).[2] Tingkah laku normal dan umum ini ada pada setiap manusia sejak bayi sampai masa tua. Semuanya dipelajari dan diteliti indikasi-indikasi keumumannya sehingga dapat dirumuskan sebagai sebuah teori psikologi.[3]
2.    Psikologi khusus, yaitu psikologi yang meneliti dan mempelajari segi-segi kekhususan dari aktivitas-aktivitas psikis manusia.[4] Psikologi khusus juga dapat dipahami sebagai kajian psikologis yang dikhususkan meneliti dan mengamati aspek-aspek segmentasi dari kehidupan manusia normal, seperti masa anak-anak, remaja, dan sebagainya. [5]
Pada umumnya, kajian psikologi umum menguasai lapangan materiil yang sama dengan disiplin ilmu yang lain, yaitu psikologi sosial, psikologi perusahaan, psikologi pendidikan, psikologi klinis dan psikologi agama. Menurut Nigel C. Benson dan Simon Grove, bagian-bagian yang dikaji oleh psikologi terdiri atas delapan bagian, yaitu psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi perbandingan, psikologi individual, psikologi kognitif, bio-psikologi, psikologi kesehatan dan psikologi organisasi.[6]
Hal-hal yang khusus yang menyimpang dari hal-hal yang umum dibicarakan dalam psikologi khusus. Psikologi khusus ini ada bermacam-macam, antara lain :
1.    Psikologi perkembangan, yaitu psikologi yang membicarakan perkembangan psikis manusia dari masa bayi sampai tua, yang mencakup : psikologi anak, psikologi remaja, psikologi orang dewasa, psikologi orang tua.
2.    Psikologi sosial, yaitu psikologi yang khusus membicarakan tentang perilaku atau aktivitas manusia dalam hubungannya dengan situasi sosial.
3.    Psikologi pendidikan, yaitu psikologi yang khusus menguaraikan tentang perilaku atau aktivitas manusia dalam hubungannya dengan situasi pendidikan. Misalnya, bagaimana cara menarik perhatian agar pelajaran dapat dengan mudah diterima.
4.    Psikologi kepribadian, yaitu psikologi yang khusus menguraikan tentang pribadi manusia, beserta tipe-tipe kepribadian manusia.
5.    Psikopatologi, yaitu psikologi yang khusus menguraikan tentang keadaan psikis yang tidak normal (abnormal).
6.    Psikologi kriminal, yaitu psikologi yang khusus berhubungan dengan kejahatan atau kriminalitas.
7.    Psikologi perusahaan, yaitu psikologi yang khusus berhubungan dengan perusahaan.[7]



[1] Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, 23
[2] Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, 23
[3] Rosleny Marliani, Psikologi Umum, 24
[4] Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, 23
[5] Rosleny Marliani, Psikologi Umum, 24
[6] Ibid., 23
[7] Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, 24

Artikel Arwave Blog Lainnya :

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz