Artikel Education, General And Islamic

Sengketa Bisnis dan Comercial Based dan Contohnya dalam Bisnis

Artikel terkait : Sengketa Bisnis dan Comercial Based dan Contohnya dalam Bisnis

Comercial Based - Bisnis adalah suatu kegiatan perdangan namun meliputi unsur-unsur yang lebih luas yaitu pekerjaan, profesi, penghasilan, mata pencarian, dan keuntungan. Dalam perkembangannya bisnis menjadi suatu hal yang sangat penting sehingga tidak dapat dipisahkan dengan berbagai macam ancaman bahkan perselisihan didalamnya.[1]



Sengketa bisnis sudah menjadi hidangan yang bisa dinikmati, dalam artian semakin berkembangnya sebuah bisnis semakin besar resiko sengketa yang terjadi dalam bisnis itu,[2] sehingga diperlukannya penyelesaian sengketa bisnis yang cepat lugas dan akurat.

Metode Penelitian

Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode library research. Studi pustaka menempati posisi yang sangat penting dalam penelitian. Walaupun sebagian orang membedakan antara riset kepustakaan dan riset lapangan, akan tetapi kedua-duanya memerlukan penelusuran pustaka. Ada perbedaan yang melekat pada riset kepustakaan dengan riset lapangan, perbedaannya yang utama adalah terletak pada tujuan, fungsi atau kedudukan studi pustaka dalam masing-masing penelitian tersebut. riset lapangan, penelusuran pustaka sebagai langkah awal dalam rangka untuk menyiapkan kerangka penelitian yang bertujuan memperoleh informasi penelitian sejenis, memperdalam kajian teoritis.[3]

Sengketa Bisnis

Dalam kamus bahasa Indonesia sengketa adalah pertentangan atau konflik.[4] Konflik berarti adanya oposisi, atau pertentangan antara kelompok atau organisasi terhadap satu objek permasalahan.

Menurut Winardi, Pertentangan atau konflik yang terjadi antara individu-individu atau kelompok-kelompok yang mempunyai hubungan atau kepentingan yang sama atas suatu objek kepemilikan, yang menimbulkan akibat hukum antara satu dengan yang lain.[5]

Menurut Ali Achmad, sengketa adalah pertentangan antara dua pihak atau lebih yang berawal dari persepsi yang berbeda tentang suatu kepemilikan atau hak milik yang dapat menimbulkan akibat hukum antara keduanya.[6]

Dari pendapat tersebut dapat di simpulkan bahwa Sengketa adalah perilaku pertentangan antara kedua orang atua lembaga atau lebih yang menimbulkan suatu akibat hukum dan karenanya dapat diberikan sanksi hukum bagi salah satu diantara keduanya.

Comercial based

Profit oriented (comercial based) adalah keadaan yang berorientasi profit. Sehingga Perusahaan yang berlabel profit oriented disebut perusahaan yang berorientasi kepada keuntungan, yaitu segala perilaku yang dilakukan perusahaan baik proses produksi dan segala kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut hanya semata untuk memperoleh keuntungan.[7]

Perilaku profit oriented memang tidak dapat dipungkiri karena tujuan pengusaha untuk mendirikan perusahaan adalah mendapatkan keuntungan dari produksinya. Selain itu profit yang didapatkan juga berguna untuk kelangsungan hiduo suatu perusahaa.[8]

Bentuk badan usaha yang ada di indonesia tidak semua bersifat profit oriented (mencari keuntungan) ada beberapa yang tidak profit oriented. Bentuk badan usaha yang profit oriented biasanya berbentuk PT (perseroan terbatas).

Fote Note
[1]K. Bertens, Pengantar Etika Bisnis (Yogyakarta: Kasinius, 2000), 147.
[2] Heru Widodo, Tip Hukum Praktis: Masalah Seputar Bisnis (Jakarta: Raih Asa Sukses, 2010), 56.
[3]Khatibah, Penelitian Kepustakaa, Jurnal Iqra’, Vol. 05 No. 1, Mei 2011, 38.
[4] Wahya, M.Num, Suzana, dkk, Kamus Bahasa Indonesia; Untuk Pelajar, Mahasiswa & Umum (Bandung: Ruang Kata, 2013), 326.
[5]Herwan Abdul Muhyi, Zaenal Muttaqin, Healthy Nirmalasari, HR PLAN & STRATEGY: Strategi Jitu Pengembangan Sumber Daya Manusia (Jakarta: Raih Asa Sukses, 2016), 93.
[6]Ibid,.
[7] Satjipto Rahardjo, Hukum progresif: sebuah sintesa hukum Indonesia (Yogyakarta: Genta Pub., 2009), 29.
[8] Herman Hidayat, Politik Lingkungan: Pengelolaan hutan Masa Orde Baru dan Reformasi (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008), 297.  

Demikian sedikit ulasan tentang Sengketa Bisnis dan Comercial Based  semoga bermanfaat, jangan lupa komentar, like and share. Terimakasih atas kunjungannya dan bagi sahabat blog ARWAVE yang menginginkan materi terkait dengan pembahasan artikel saat ini atau yang lain silahkan tulis di kotak komentar. 

Artikel Arwave Blog Lainnya :

1 komentar:

  1. Strange "water hack" burns 2lbs overnight

    Over 160k women and men are hacking their diet with a simple and SECRET "water hack" to lose 2 lbs every night while they sleep.

    It is scientific and works on anybody.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Take a drinking glass and fill it with water half glass

    2) Proceed to do this proven hack

    so you'll become 2 lbs thinner in the morning!

    BalasHapus

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz