Artikel Education, General And Islamic

Bentuk Perilaku Akhlak Terpuji Dalam Pergaualan Remaja

Artikel terkait : Bentuk Perilaku Akhlak Terpuji Dalam Pergaualan Remaja


Membicarakan bentuk atau macam akhlakul karimah secara keseluruhanberarti mebicakan seluruh aspek ajaran Islam, hal itu tidak mungkin, olehn karena itu disini hanya sebahagian kecil saja dari akhlakul karimah yang menyangkut hubungan pergaulan remaja, diantaranya adalah :
a.   Ta’aruf dan Tafahum
Kata ta’aruf berasal dari Bahasa Arab yaitu: تَعَارَفَ- يَتَعَارَفُ- تَعَارُفًا  artinya saling mengenal atau saling mengetahui. Sementara kata tafahum jug berasal dari Bahasa Arab yaitu :تَفَاهَمَ – يَتَفَاهَمُ – تَفَاهُمًا  artinya saling memahami, saling mengetahui secara mendalam kondisi orang lain.
Dengan demikian Ta’aruf dan Tafahum yaitu upaya untuk saling mengenal dan memahami keadaan seseorang secara jelas baik yang menyangkut kepribadian atau kekeluargaan, hal ini senada dengan ayat al-Quran surat al-Hujurat : 13
yang artinya : Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.
Sesungguhnya orang yang paling mulia  diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
b.  Ta’awun dan Tasamuh.
Kata ta’awun berasal dari Bahasa Arab تعَاوَنَ- يَتَعَاوَنُ- تَعَاوُنًا  artinya saling menolong, kata tasamuh juga berasal dari Bahasa Arab تَسَامَحَ – يَتَسَامَحُ – تَسَامُحًا  artinya sama-sama berlaku baik, toleran dan tenggang rasa.
Pengertian ta’awun dan tasamuh. Yaitu saling menolong dan saling berbuat baik, Islam mewajibkan umatnya untuk ta’awun terhadap sesama. Ta’awun dan Tasamuh sangat erat hubungannya, bahkan keduanya terkadang sulit untuk dipisahkan. Orang yang gemar tolong menolong memiliki sikap toleran yang tinggi, sebagaiman Firman Allah dalam QS. Al-Maidah : 2 yang artinya: dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya
c.   Jujur dan Adil
Pengertian jujur yaitu lurus hati atau tidak curang dan berbuat sebagaimana mestinya.  Sedangkan adil adalah Tidak berat sebelah (menempatkan sesuatu pada tempatnya). Perintah jujur dan adil seperti dalam QS. An-Nahl : 90 yang artinya: Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.
d.  Amanah dan menepati janji

Pengertian amanah dan menepati janji. Amanah adalah orang yang dapat dipercaya perkataan dan perbuatannya.  Sedangkan menepati janji adalah berbuat sesuatu sesuai dengan apa yang telah dijanjikan dan diucapkan. Dalil naqli yang terkait dengan amanah dan menepati janji adalah QS an-Nisa’: 58 yang Artinya : Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha Melihat.

Artikel Arwave Blog Lainnya :

2 komentar:

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz