Artikel Education, General And Islamic

Klasifikasi Filsafat > Secara Teoritis dan Praktis

Artikel terkait : Klasifikasi Filsafat > Secara Teoritis dan Praktis



Pembagian filsafat lain yang sering digunakan orang karena dinilai praktis, sederhana, juga meliputi pemahaman yang menyeluruh, yaitu sebagai berikut.
a.    Filsafat teoritis, yaitu bagian filsafat yang membicarakan aturan-aturan atau hukum yang bersangkutan dengan masalah-masalah, anatara lain:
1)  Logika.
2)  Metafisika atau Ontologi.
3)  Alam semesta (kosmologi).
4)  Filsafat manusia (Antropologi).
b.    Filsafat Praktis, yaitu bagian filsafat yang membicarakan perbuatan-perbuatan sebagi berikut.
1)  Etika, membicarakan hakikat nilai perilaku.
2)  Theodecea, membicarakan hakikat agama.
3)  Kultur, membicarakan hakikat budaya.[1]
Dari uraian-uraian diatas pembagian seorang ahli yang satu tidak sama dengan pembagian ahli-ahli lainnya. Hal ini terjadi bergantung pada keperluan ataupun minat si pembuat klasifikasi. Ada pula klasifikasi cabang filsafat dibuat berdasarkan daerah atau lingkungan budaya masing-masing.Adapun pembagian cabang filsafat menurut struktur pengetahuan filsafat dewasa ini, mencakup filsafat sistematis, filsafat khusus dan filsafat keilmuan. Dimana masing-masing untuk filsafat sistematis meliputi metafisika, epistemologi, metedologi, logika, etika dan estetika. Filsafat khusus meliputi filsafat seni, kebudayaan, pendidikan, sejarah, bahasa, hukum, bnudi, budi, politik, agama, kehidupan dan Filsafat nilai. Cabang yang ketiga filsafat keilmuan meliputi filsafat matematika, ilmu-ilmu fisik, biologi, linguistik, psikologi, dan ilmu-ilmu sosial.[2]




[1]Wiramihardja, Pengantar Filsafat, 40.
[2] Ahmad Faruk, Filsafat Umum (Ponorogo: STAIN Po PRESS, 2009), 14.

Artikel Arwave Blog Lainnya :

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz