Artikel Education, General And Islamic

Pemikiran Sayid Ahmad Khan Dalam Pendidikan

Artikel terkait : Pemikiran Sayid Ahmad Khan Dalam Pendidikan


Pemikiran Sayid Ahmad khan dalam masalah ini diilhami, bahwa kemunduran orang-orang muslim India, adalah terbatasnya kapasitas keilmuan mereka dalam masalah-masalah pendidikan modern. Dan lagi Inggris akan bisa dikeluarkan dari India, apabila orang-orang India bangkit dalam bidang Ilmu. Ia sadar bahwajika rakyat tidakbisamenerima pendidikan yang cukup, maka keadaan mereka tidak akan tambah baik dan tidak bisa menduduki kedudukan yang terhormat diantara bangsa-bangsa didunia, khususnya Inggris.
Maka dari itu Ahmad khan ingin membangkitkan dan menyebarkan ilmu. Sekolahan yang pertama yang ia dirikan adalah madrasah adab tahum 1861 M. yang disitu dipelajari ilmu-ilmu modern, sejarah ilmu alam, juga diterjemahkanya kitab-kitab Inggris kedalam bahasa urdu, seperti kitab mengenai filsafat, sains, seni, kitab-kitab peninggalan lama, misalnya History of India tulisan Elphin Stone dan masih banyak lati buku-buku tentang pertanian, kimia, ilmu hewan. Usaha ini terus berlangsung sampai akhirnya dia mendirikan sekolah yang kedua di Ghazipur, yang diberi nama Victoria.
Pada tanggal 26 desember 1870, di Benares ia mendirikan “society for educational progressof Indian muslim”, yang setelah dipertimhangkan masak-masak, dilanjutkan mendirikan perguruan tinggi Islam.”Anglo Oriental College”, yang ditempatkan di Aligarh. Tempat dimana Sayid pernah menduduki jabatan hakim disitu.

Selain lewat jalur lembaga, dia juga membuat majalah yang bernama “tahdzib al akhlaq”, untuk mendidik komunitas muslim India dalam masalah sosial, politik dan Agama. Yang dalam majalah tersebut dibuatlah kolom tentang tafsir yang k0nteks dengan zaman modern.

Artikel Arwave Blog Lainnya :

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz