Artikel Education, General And Islamic

Teori Prilaku

Artikel terkait : Teori Prilaku


Selama tahun 1950an, ketidakpuasan dengan pendekatan teori sifat tentang kepemimpinan mendorong ilmuwan prilaku untuk memusatkan perhatiaannya pada perilaku pemimpin tentang apa  yang diperbuat dan bagaimana dia melakukannya. Dasar dari pendekatan gaya kepemimpinan diyakini bahwa pemimpin yang efektif menggunakan gaya (style) tertentu.
Berbeda dengan teori sifat, pendekatan perilaku dipusatkan efektivitas pemimpin, bukan pada penampilan dari pemimpin tersebut. Teori perilaku menekankan pada dua gaya kepemimpinan yaitu gaya kepemimpinan berorientasi tugas (task Orientation) dan orientasi pada karyawan (employ orientation). orientasi tugas adalah perilaku pimpinan yang menekankan bahwa tugas-tugas dilaksanakan dengan baik  dengan cara mengarahkan dan mengendalikan secara ketat bawahannya.

Orientasi karyawan adalah perilaku pimpinan yang menekankan pada memberikan motivasi kepada bawahan dalam melaksanakannya dengan melibatkan bawahan dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan tugasnya, dan mengembangkan hubungan yang bersahabat saling percaya  mempercayai dan saling hormat-menghormati di antara kelompok. 

Artikel Arwave Blog Lainnya :

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz