Contoh Model Soal Dan Instrumen Penilaian Kelas
Contoh Soal Dan Instrumen Penilaian - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana membuat model dan instrumen penilaian dalam kelas dengan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tentang Masa kejayaan Islam yang Dinantikan Kembali, simak selengkapnya ya sob.
Masa Kejayaan Islam yang
Dinantikan Kembali
Non tes (afektif)
1.
A.5 (penghayatan)
Kompetensi
inti
|
KI-2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
|||||||||||||||||||||||||
Kompetensi
dasar
|
Menunjukkan sikap semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuandan
kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam.
|
|||||||||||||||||||||||||
Indikator
|
Siswa dapat menunjukkan sikap semangat menumbuhkembangkan ilmu
pengetahuandan kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam.
|
|||||||||||||||||||||||||
Soal
|
|
|||||||||||||||||||||||||
Rubrik Penilaian:
Jika
peserta didik menjawab sangat setuju, skor 100.
Jika
peserta didik menjawab setuju, skor 75.
Jika
peserta didik menjawab ragu-ragu, skor 50.
Jika peserta didik menjawab tidak setuju, skor 25.
|
Pilihan Ganda
2.
C.1 (mengingat)
Kompetensi
inti
|
KI-3 Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
Kompetensi
dasar
|
Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Indikator
|
Siswa dapat menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Soal
|
1.
Karyanya yang terkenal berjudul Al-Qanūn Fi aṭ-Ṭ³b dan Al-Syifā.
Buku tersebut ditulis oleh ....
a. Hamzah Fansuri
b. Ibnu Sina
c. Nuruddin Ar-Raniri
d. Al-Farabi
e. Al-Ghozali
|
Jawaban
|
C.
|
C.2 (Pemahaman)
Kompetensi
inti
|
KI-3 Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
Kompetensi
dasar
|
Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Indikator
|
Siswa dapat menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Soal
|
1.
Yang
menyebabkan Islam mengalami perkembangan sangat pesat adalah
sebagai berikut, kecuali ….
a.
menerjemahkan
buku-buku asing yang sarat akan pengetahuan
b.
pentingnya
taqlid agar kita disebut orang-orang yang setia
c.
meyakini
bahwa al-Qur’ān itu pedoman hidup yang sangat dinamis
d.
mencari ilmu tidak cukup di negeri Arab
saja, bisa ke negeri Cina
e.
semangat
mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kepentingan umat manusia.
|
Jawaban
|
E.
|
C.3 (Mengaplikasikan)
Kompetensi
inti
|
KI-3 Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
Kompetensi
dasar
|
Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Indikator
|
Siswa dapat menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Soal
|
Cendekiawan
muslim dalam bidang ilmu tafsir adalah. …
a. Ibnu Athiyah al-Andalusy
b. Imam Bukhori
c. Imam Muslim
d. Ibnu Majah
e. Abu Daud
|
Jawaban
|
A.
|
C.4 (Menganalisis)
Kompetensi
inti
|
KI-3 Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
Kompetensi
dasar
|
Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Indikator
|
Siswa dapat menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Soal
|
Di
bawah ini yang tidak termasuk faktor penyebab kejayaan Islam pada masa lalu
adalah ....
a.
semangat untuk menerjemahkan buku-buku berbahasa Yunani yang penuh dengan
ilmu pengetahuan
b.
semangat untuk mempertahankan keyakinan yang bersifat khurafat dan tahayul
c.
semangat untuk menjalankan perintah Allah dan meninggalkan kejumudan
d.
semangat mengkaji ilmu-ilmu pengetahuan yang berasal dari Yunani
e.
semangat menulis dan menemukan ilmu-ilmu baru yang bisa dikembangkan
|
Jawaban
|
B.
|
C.5 (Mengevaluasi)
Kompetensi
inti
|
KI-3 Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
Kompetensi
dasar
|
Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Indikator
|
Siswa dapat menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Soal
|
1.
Dibawah
ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran, kecuali .
a. Harun al-Rasyid
b. Jabir bin Hayyan
c. Hurain bin Ishaq
d. Thabib bin Qurra
e. Ar Razi atau Razes
|
Jawaban
|
A.
|
Uraian tidak terbatas
C.3 (mengaplikasikan)
Kompetensi
inti
|
KI-3 Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
Kompetensi
dasar
|
Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Indikator
|
Siswa dapat menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Soal
|
1.
bagaimana perkembangan Islam pada periode klasik? Hal apakah yang bisa
diteladani
|
Jawaban
|
Periode
Klasik merupakan periode kejayaan Islam.
Hal
yang bisa diteladani adalah adanya pengembangan ilmu pengetahuan serta
pembangunan sarana dan prasarana publik yang lengkap.
|
C.4 (menganalisis)
Kompetensi
inti
|
KI-3 Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
Kompetensi
dasar
|
Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Indikator
|
Siswa dapat menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Soal
|
1.
Mengapa
umat Islam mengalami kemajuan yang sangat gemilang? Jelaskan faktor-faktor
penyebabnya!
|
Jawaban
|
Adanya 2 faktor yaitu faktor
internal dan faktor eksternal.
|
C.5 (mengevaluasi)
Kompetensi
inti
|
KI-3 Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
Kompetensi
dasar
|
Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Indikator
|
Siswa dapat menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Soal
|
1.
Sebutkan
kemajuan apa saja yang dicapai pada masa Bani Umayyah!
|
Jawaban
|
Kejayaan Islam pada masa Bani
Umayyah ditandai berdirinya bangunan-bangunan sebagai pusat dakwah Islam.
|
Non tes (psikomotorik)
P.4 (artikulasi)
Kompetensi
inti
|
KI-4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi
dasar
|
Mendeskripsikan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Indikator
|
Siswa dapat mendeskripsikan
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
|
Soal
|
Masing-masing
siswa buatlah bagan/skema terkait denagn Masa Kejayaan Islam yang Dinantikan
Kembali dan penjelasanya secara singkat
|
Format
penilaian
|
Rubrik penilaian:
•
Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya dengan sangat baik, skor
100.
•
Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya dengan baik, skor 75.
•
Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya cukup baik, skor 50.
•
Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya kurang baik, skor 25.
Keterangan:
Sangat
baik : Jika naskah tersebut memenuhi 4
kriteria (lengkap, benar, indah dan rapi).
Baik : Jika naskah tersebut yang terpenuhi hanya 3 dari 4
kriteria.
Cukup
baik : Jika naskah tersebut yang terpenuhi
hanya 2 dari 4 kriteria.
Kurang baik
: Jika naskah tersebut yang terpenuhi hanya 1 dari 4 kriteria.
|
Demikian sedikit ulasan tentang Contoh Model Soal Dan Instrumen Penilaian Kelas semoga bermanfaat, jangan lupa komen, like and share. Terimakasih atas kunjungannya dan bagi sahabat blog ARWAVE yang menginginkan materi terkait dengan pembahasan artikel saat ini atau yang lain silahkan tulis di kotak komentar.
0 komentar:
Posting Komentar
Jangan lupa Coment ya sooob...!