Artikel Education, General And Islamic

Contoh Model Soal Dan Instrumen Penilaian Kelas

Artikel terkait : Contoh Model Soal Dan Instrumen Penilaian Kelas

Contoh Soal Dan Instrumen Penilaian - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana membuat model dan instrumen penilaian dalam kelas dengan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tentang Masa kejayaan Islam yang Dinantikan Kembali, simak selengkapnya ya sob.
Penilaian Kelas

Masa Kejayaan Islam yang
Dinantikan Kembali

Non tes (afektif)

1.    A.5 (penghayatan)
Kompetensi inti
KI-2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi dasar
Menunjukkan sikap semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuandan kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam.

Indikator
Siswa dapat menunjukkan sikap semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuandan kerja keras sebagai implementasi dari masa kejayaan Islam.
Soal
No
pernyataan
Pilihan jawaban
Skor
Sangat setuju
setuju
Kurang setuju
Tidak setuju
1.
Meyakini bahwa pengalaman adalah guru yang berharga.






No
pernyataan
Pilihan jawaban
skor
Sangat setuju
setuju
Kurang setuju
Tidak setuju
1.
Meyakini bahwa pengalaman adalah guru yang berharga.

ü   


75
Jumlah skor




75
Rubrik Penilaian:
Jika peserta didik menjawab sangat setuju, skor 100.
Jika peserta didik menjawab setuju, skor 75.
Jika peserta didik menjawab ragu-ragu, skor 50.
Jika peserta didik menjawab tidak setuju, skor 25.


Pilihan Ganda

2.    C.1  (mengingat)
Kompetensi inti
KI-3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi dasar
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Indikator
Siswa dapat menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Soal
1. Karyanya yang terkenal berjudul Al-Qanūn Fi aṭ-Ṭ³b dan Al-Syifā. Buku tersebut ditulis oleh ....
a. Hamzah Fansuri
b. Ibnu Sina
c. Nuruddin Ar-Raniri
d. Al-Farabi
e. Al-Ghozali

Jawaban
C.

C.2 (Pemahaman)
Kompetensi inti
KI-3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi dasar
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Indikator
Siswa dapat menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

Soal
1.      Yang menyebabkan Islam mengalami perkembangan sangat pesat adalah
sebagai berikut, kecuali ….
a.       menerjemahkan buku-buku asing yang sarat akan pengetahuan
b.      pentingnya taqlid agar kita disebut orang-orang yang setia
c.       meyakini bahwa al-Qur’ān itu pedoman hidup yang sangat dinamis
d.       mencari ilmu tidak cukup di negeri Arab saja, bisa ke negeri Cina
e.       semangat mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kepentingan umat manusia.

Jawaban
E.

C.3 (Mengaplikasikan)
Kompetensi inti
KI-3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi dasar
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Indikator
Siswa dapat menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

Soal
Cendekiawan muslim dalam bidang ilmu tafsir adalah. …
a. Ibnu Athiyah al-Andalusy
b. Imam Bukhori
c. Imam Muslim
d. Ibnu Majah
e. Abu Daud


Jawaban
A.

C.4 (Menganalisis)
Kompetensi inti
KI-3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi dasar
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Indikator
Siswa dapat menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

Soal
Di bawah ini yang tidak termasuk faktor penyebab kejayaan Islam pada masa lalu adalah ....
a. semangat untuk menerjemahkan buku-buku berbahasa Yunani yang penuh dengan ilmu pengetahuan
b. semangat untuk mempertahankan keyakinan yang bersifat khurafat dan tahayul
c. semangat untuk menjalankan perintah Allah dan meninggalkan kejumudan
d. semangat mengkaji ilmu-ilmu pengetahuan yang berasal dari Yunani
e. semangat menulis dan menemukan ilmu-ilmu baru yang bisa dikembangkan


Jawaban
B.

C.5 (Mengevaluasi)
Kompetensi inti
KI-3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi dasar
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Indikator
Siswa dapat menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Soal
1.      Dibawah ini adalah tokoh-tokoh di bidang kedokteran, kecuali .
a. Harun al-Rasyid
b. Jabir bin Hayyan
c. Hurain bin Ishaq
d. Thabib bin Qurra
e. Ar Razi atau Razes

Jawaban
A.

Uraian tidak terbatas

C.3 (mengaplikasikan)
Kompetensi inti
KI-3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi dasar
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Indikator
Siswa dapat menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Soal
1. bagaimana perkembangan Islam pada periode klasik? Hal apakah yang bisa diteladani

Jawaban
Periode Klasik merupakan periode kejayaan Islam.
Hal yang bisa diteladani adalah adanya pengembangan ilmu pengetahuan serta pembangunan sarana dan prasarana publik yang lengkap.


C.4 (menganalisis)
Kompetensi inti
KI-3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi dasar
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Indikator
Siswa dapat menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Soal
1.      Mengapa umat Islam mengalami kemajuan yang sangat gemilang? Jelaskan faktor-faktor penyebabnya!
Jawaban
Adanya 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.


C.5 (mengevaluasi)
Kompetensi inti
KI-3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kompetensi dasar
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Indikator
Siswa dapat menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

Soal
1.      Sebutkan kemajuan apa saja yang dicapai pada masa Bani Umayyah!
Jawaban
Kejayaan Islam pada masa Bani Umayyah ditandai berdirinya bangunan-bangunan sebagai pusat dakwah Islam.

Non tes (psikomotorik)

P.4 (artikulasi)
Kompetensi inti
KI-4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi dasar
Mendeskripsikan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.
Indikator
Siswa dapat mendeskripsikan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

Soal
Masing-masing siswa buatlah bagan/skema terkait denagn Masa Kejayaan Islam yang Dinantikan Kembali dan penjelasanya secara singkat

Format penilaian
Rubrik penilaian:
• Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya dengan sangat baik, skor
100.
• Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya dengan baik, skor 75.
• Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya cukup baik, skor 50.
• Jika peserta didik mampu mengerjakan tugasnya kurang baik, skor 25.

Keterangan:
Sangat baik : Jika naskah tersebut memenuhi 4 kriteria (lengkap, benar, indah dan rapi).
Baik : Jika naskah tersebut yang terpenuhi hanya 3 dari 4 kriteria.
Cukup baik : Jika naskah tersebut yang terpenuhi hanya 2 dari 4 kriteria.
Kurang baik : Jika naskah tersebut yang terpenuhi hanya 1 dari 4 kriteria.

Demikian sedikit ulasan tentang Contoh Model Soal Dan Instrumen Penilaian Kelas semoga bermanfaat, jangan lupa komen, like and share. Terimakasih atas kunjungannya dan bagi sahabat blog ARWAVE yang menginginkan materi terkait dengan pembahasan artikel saat ini atau yang lain silahkan tulis di kotak komentar. 

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz