Artikel Education, General And Islamic

Keteladanan Guru Dalam Pendidikan Karakter Siswa

Artikel terkait : Keteladanan Guru Dalam Pendidikan Karakter Siswa

Keteladanan Guru Dalam Pendidikan Karakter Siswa - Penekanan dalam pendidikan adalah keteladanan guru dalam pemdidikan karakter siswa, karena guru bukan hanya sosok pengajar yang berkewajiban menyampaikan materi saja namun lebih dari itu seorang guru harus juga memberikan contoh dengan tingkah laku sopan, baik dan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat tentunya.

Dari hari ke hari bertambah tahun perkembangan teknologi dan zaman berangsur-angsur mengikis sedikit banyak nilai-nilai yang seharusnya dijaga dan dikembangkan oleh seorang guru, sudah banyak guru yang tidak lagi layak disebut sebagai guru teladan karena tidak lagi memiliki keteladanan guru dalam pendidikan karakter siswa dan tidak lebih seperti mesin yang hanya melakukan apa yang menjadi tugasnya.

keteladanan guru dalam pendidikan karakter siswa
Image dari www.tribunnews.com
keteladanan guru dalam pendidikan karakter siswa, keteladanan dasar katanya adalah “teladan” yang arinya adalah perbuatan atau barang yag dapat ditiru dan dicotohkan.[1] Dalam Al-Qur’an kata teladan diproyeksikan dengan kata uswah yang kemudin diberi sifat dibelakangnya seperti sifat hasanah, sehingga terdapat ugkapan uswatu hasanah yang berarti teladan yang baik. Keteladanan dalam pendidikan islam adalah metode yang paling efektif yang efisien dalam membenuk baik buruknya anak.[2] Keteladanan yang baik memiliki pengaruh yang cukup besar pada diri seorang aak, anak-anak akan slalu meniru tabiat orang tuanyahingga orang tualah yang akan pertama kali mencetak anak menjadi apa saja yang diajarkan orang tuanya melalui perilaku diri mereka sendiri. Pengaruh ini akan sangat kuat berkesan dalam diri anak, maka orang tuanya lah yang akan menjadikannya menjadi seorang baik atau buruk. Rosululloh mengajurkan orang tua hendaklah menjadi suitauladan dalam berakhlaq yang benar di tengah pergaulan mereka sedangkan pengertin guru adalah makhluk social yang dalam kehidupannya tidak bias terlepas dari kehidupan social masyarakat dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru dituntu untuk memiliki kompetensi social yang nemadai terutama dalam kaitan dengan pendidikan ang tidak terbatas pada pembelajara disekolah tetapi juga pada pendidikan yang berlangsung di masyarakat. Yang dimaksud dengan kompetesi social adalah kemampuan pendidik seebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi, bergauk dan bekerja sma secara efektif dengan peserta didik, sesame tenaga pendidik, dengan orang ua atau ali dan masyarakat. Kompetensi social guru memegang peranan penting karena sebagai pribadi yang hidup di tengah-tengah masyarakat, guru perlu juga memiliki kemampuan antara lain melalui kegiatan oleh raga, keagamn, dan kepemudaan. Sebagai makhluk social guru berperilaku santun,mampu berkomunikasi dan berintraksi dengan lingkungan secara efektif dan menarik, mempunyai rasa empati terhadap orang lain. Kompetensi social adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secaraefektif, berinteraksi dengan peerta didik, sesame tenaga pendidik tenaga kependidikan. Kompetensi periodik adalah kemampuan gurudalam mengelola pembelajaran peserta didk yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan pesera didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Kompetensi professional adalah kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran secara luas dan menalam yang kmungkinan mereka membmbing peserta didik menguasai mater yang diajarkan.

Demikian artikel tentang Keteladanan Guru semoga bermanfaat dan terimakasih sudah atas kunjungannya.


[1] Armai Arief, pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam (Jakarta:Ciputat Pers,2002),117.
[2] M. Azmi, Pembinaan Akhlak Usia Pra-sekolah (Yogjakarta:Belukar,2006), 34.

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz