Definisi Distribusi
Secara umum distribusi merupakan suatu aspek yang penting
dalam pemasaran. Disisi lain distribusi juga suatu kegiatan pemasaran yang
berguna untuk melancarkan kegiatan Distribusi barang dari seorang produsen
kepada konsumen (Wikipedia, 2014).
Kegiatan distribusi ini juga merupakan kegiatan yang sudah
berlangsung sekian lama di seluruh dunia. Pentingnya kegiatan distribusi ini
juga merupakan penunjang kegiatan perekonomian di seluruh dunia. Berikut ini
kami akan mengulas beberapa pengertian distribusi yang di buat oleh para
ahlinya sebagai berikut:
a.
Menurut Winardi (1989)
Distribusi merupakan sekumpulan perantara yang terhubung erat
antara satu dengan yang lainnya dalam kegiatan Distribusi produk-produk kepada
konsumen (pembeli).
b.
Menurut Philip Kotler (1997)
Distribusi merupakan sekumpulan organisasi yang membuat sebuah proses
kegiatan Distribusi suatu barang atau jasa siap untuk di pakai atau di konsumsi
oleh para konsumen (pembeli).
c.
Menurut Alma (2007)
Distribusi merupakan sekumpulan lembaga yang saling terhubung
antara satu dengan lainnya untuk melakukan kegiatan Distribusi barang atau jasa
sehingga tersedia untuk dipergunakan oleh para konsumen (pembeli).
d.
Menurut Tjiptono (2008)
Distribusi merupakan suatu proses kegiatan pemasaran yang
bertujuan untuk mempermudah kegiatan Distribusi barang atau jasa dari pihak
produsen ke pihak konsumen.
e.
Menurut Daniel (2001)
Distribusi merupakan suatu kegiatan dari sebuah organisasi yang
bertujuan untuk memperlancar kegiatan Distribusi barang atau jasa dari produsen
ke konsumen.
kesimpulan tentang distribusi yang hampir mirip yang diutaran oleh
semua para ahli yaitu “distribusi merupakan suatu kegiatan atau suatu proses Distribusi
barang dari satu atau kumpulan organisasi produsen kepada konsumen”.[1]