Artikel Education, General And Islamic

Definisi Hubungan Sekolah dan Masyarakat

Artikel terkait : Definisi Hubungan Sekolah dan Masyarakat


Istilah sekolah di sini merupakan konsep yang luas, yang mencakup baik lembaga pendidikan  formal maupun non formal. Sedangkan istilah masyarakat merupakan konsep yang mengacu pada semua individu, kelompok, lembaga atau organisasi yang berada di luar sekolah sebagai lembaga pendidikan.[1] Suatu sekolah tidak dibenarkan mengisolasi diri dari masyarakat. Sekolah tidak boleh bersikap dan berlaku demikian, sebab pada hakekatnya ia adalah milik masyarakat. Karena masyarakat menginginkan putera-puteri mereka mengenyam dan mengembangkan pendidikan serta memberikan pengaruh-pengaruh positif terhadap kehidupannya. Jika pihak sekolahan mampu memberikan pelayanan sesuai dengan aspirasi rakyat, maka masyarakat juga akan membuka diri untuk dimasuki oleh aktivitas-aktivitas sekolah. Sekolah juga dapat belajar dari masyarakat, guru-guru dan para siswa dapat mencari pengalaman, belajar dan praktek di masyarakat. Karena fungsi sekolah yang pertama adalah melayani kebutuhan  masyarakat setempat. Sehingga, antara sekolah dan masyarakat terjadi komunikasi dua arah untuk bisa saling memberi dan menerima.
Hubungan dengan masyarakat berarti komunikasi sekolah dengan masyarakat, ialah mengkomunikasikan masalah-masalah pendidikan baik yang bersumber dari sekolah maupun yang bersumber dari masyarakat. Komunikasi itu merupakan lintasan dua arah yaitu dari arah sekolah ke masyarakat dan dari arah masyarakat ke sekolah. Kedua kelompok kehidupan itu saling memberi informasi, berpartisipasi membina pendidikan. Hubungan dengan masyarakat didasarkan kepada ketentuan bahwa (1) masyarakat adalah salah satu penanggung jawab sekolah, (2) proses belajar serta media pendidikan juga terjadi dan ada di masyarakat, dan (3) masyarakat menaruh perhatian terhadap pendidikan putra-putranya.[2]



[1] Ngalim Purwanto, “Administrasi dan Supervisi Pendidikan”, (Bandung: Rosdakarya, 1987), hal 188.
[2] Aminnatul Widyana, “Hubungan Sekolah dan Masyarakat”, Http://hubungan-antara-sekolah-dengan.html diakses tanggal 20 Nov ’12.

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz