Artikel Education, General And Islamic

Nabi Muhammad Sebagai Prmbaharu

Artikel terkait : Nabi Muhammad Sebagai Prmbaharu


Sebelum masa nabi, kehidupan di negeri arab dalam kondisi kekacauan dan kebobrokan moral. Tidak ada bangsa yang sekacau dan serendah bangsa arab pada waktu itu, Nabi Muhammad berjuang keras untuk menyelesaikannya. Dan dalam waktu yang singkat sekitar 22 tahun, nabi berhasil mengubah kekafiran dan kemusyrikan bangsa arab menjadi bangsa yang religius.
            Nabi Muhammad juga melakukan pembaharuan yaitu penghapusan kasta sosial, nabi menghilangkan jurang pemisah antar sesama umat yang didasarkan harta,jabatan,keturunan,dan warna kulit. Sesama manusia dihadapan Allah sama, yang paling mulia adalah yang paling taat kepada Allah. Nabi juga menghapus system perbudakan.
            Pembaharuan yang paling menonjol adalah mengenai kedudukan  sosial wanita. Sebelum islam wanita diperlakukan secara hina seperti hamba sahaya dan diperjual belikan. Nabi berusaha mengentaskan kondisi wanita pada waktu itu. Beliau mengatakan “Surga dibawah telapak kaki ibu”, ”Istri adalah permaisuri rumah tangga”. Laki-laki terbaik diantara kamu adalah mereka yang paling baik perlakuannya terhadap istrinya.Nabi juga menghentikan tradisi membunuh anak perempuan, berhasil menghapus perjudian, dan pertumpahan darah di negeri Arab.
B.Nabi Sebagai Pendiri Bangsa
            Sebelum masa nabi Muhammad, tidak pernah terbentuk persatuan dan kesatuan di Jazirah Arab.Menyadari kondisi yang menyedihkan itu, nabi mencurahkan seluruh waktunya untuk kesejahteraan bangsa Arab.Sebuah piagam madinah yang dicontohkan nabi memberikan jaminan kebebasan hidup, hak milik, dan kebebasan beragama.
            Nabi berjuang untuk menegakkan persatuan dan kesatuan. Nabi berhasil mendirikan sebuah Negara madinah dan memperlakukan kedudukan yang sama bagi semua-semua kelompok

Artikel Arwave Blog Lainnya :

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz