Artikel Education, General And Islamic

Definisi dan Pentingnya Nahwu

Artikel terkait : Definisi dan Pentingnya Nahwu


Definisi Nahwu
Ilmu Nahwu merupakan ilmu yang mempelajari tentang gramatika bahasa Arab, tata bahasa. Nahwu menurut bahasa adalah tujuan, arah, contoh, ukuran, bagian dan sebagian. Sedangkan menurut istilah adalah ilmu tentang kaidah – kaidah untuk mengetahui keadaan dari akhir kalimah, baik dari segi I’rabnya maupun kemabniannya. Sedangkan mempelajari nahwu adalah fardh kifayah, artinya sebagian dari kaum Muslimin yang berdiam dalam suatu kawasan harus ada yang mempelajarinya. Dan jika tidak ada sama sekali yang mempelajarinya, maka semuanya menanggung dosa.
Pentingnya Nahwu
Pentingnya nahwu tersirat dalam kitab nadzam al Imriti yaitu “Nahwu itu adalah yang paling utama untuk diketahui, karena kalimat tanpa nahwu itu tidak dapat dipahami”.[1] Abu al Ilmu (Bapaknya Ilmu) adalah merupakan sebutan yang diberikan para ulama untuk nahwu, karena faedah ilmu nahwu menjaga lisan agar tidak salah dalam mengucapkan kalam ‘Arab. Selain itu ilmu nahwu juga digunakan sarana untuk memahami kalam Allah (al Qur’an). [2]
Dari penjelasan diatas ilmu nahwu menjadi ilmu yang sangat penting untuk dipahami karena dengannya akan memudahkan seseorang dalam memahami kitab – kitab yang memerlukan pemahaman dari segi penulisan, susunan kata dan lainnya. Dan dengan ilmu nahwu akan memudahkan dalam memahami kalam Allah (Qur’an), yang sudah kita ketahui bahwa al Qur’an menjadi pedoman hidup umat Islam.




[1] M. Ridwan Qayyum. Ilmu Nahwu, (Kediri: Mitra Gayatri), 3
[2] Tim Penyusun, Al Muqaddimah al Jurumiyah wa al Amtsilati at Tarbiyah, 1

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz