Artikel Education, General And Islamic

Macam Macam Zakat

Artikel terkait : Macam Macam Zakat


Menrut garis besarnya, zakat dapat di bagi menjadi dua bagian:
1.    Zakat Harta (Zakat Mal)
Adalah bagian dari harta kekayaan seorang yang wajib di keluwarkan kepada orang-   orang tertentu, setelah mencapai nisab.
Harta yang wajib di zakati:
a.     Emas dan Perak
Nisab zakat emas 20 dinar sama dengan 96 gram dan slama satu tahun, zakatnya 2,5 %. Sedang perak bersih 200 dirham =672=2,5 %, Menurut Syafi’I, Hambali, 20 dinar = 96,9, gram emas.
b.    Hasil Tanaman
Nisab hasil tanaman menurut jumhur adalah 5 wasaq = 486 kg. Sedang kadar zakatnya adalah 10 % dari tanaman yang diairi dengan air hujan atau air sungai, dan 5 % bagi tanaman yang di sirami dengan tenaga manusia.
c.     Binatang Ternak
Hasil peternakan yang telah di tentukan pada zaman Nabi barang unta, lembu dan kambing[1]. Adapun yang lainya dapat di kiaskan kepada tiga jenis bninatang itu.
d.    Binatang Perniagaan
Nisab harta perniagaan dapat di kiaskan kepada harta benda lain yaitu emas sebagai standar juga kadarnya 2,5 %.
e.     Rikaz dan Tambang
Nisab  barang tambang adalah senilai 20 dinar emas dan zakatnya 2,5 %. Nisab barang temuan /rikaz seperty harta karun adalah 20 % sedangkan sebagian ulama’juga menyamakan antara zakat tambang dengan barang temuan.[2]
2.    Zakat Fitrah ( Zakat Nafs )
Zakat fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap muslim dibulan ramadhan sampai menjelang sholat idul fitri, dimana fungsi zakat ini adalah mengmbalikan manusia pada fitrahnya artinya mensucikan diri dari kotoran-kotoran yang disebabkan oleh pergaulan manusia dan sebagainya.




2 Depag RI.  ilmu fikih. Jakarta:1985

Artikel Arwave Blog Lainnya :

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz