Artikel Education, General And Islamic

Definisi Micro Teaching Ciri-ciri dan Tujuan

Artikel terkait : Definisi Micro Teaching Ciri-ciri dan Tujuan


Definisi Micro Teaching
Definisi Micro berarti kecil, terbatas, sempit; Teaching berarti mengajar Microteaching berarti suatu kegiatan mengajar yang dilakukan dengan cara menyederhanakan atau segalanya dikecilkan, yakni dengan mengajar tertentu, akan dapat diidentifikasikan berbagai keunggulan dan kelemahan diri calon guru secara akurat.

Ciri-ciri Pengajaran Micro Teaching
Pengajaran micro teaching dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1)        Micro dalam pengajaran micro berarti dalam skala kecil. Skala kecil dapat berkaitan dengan ruang lingkup materi pelajaran, tujuan atau kompetensi, waktu dan siswanya dan keterampilannya.
2)        Micro dalam pengajaran micro dapat disamakan dengan pengertian micro. Makanya adalah berbagai sebagian kecil keterampilan mengajar yang komplek akan dipelajari lebih mendalam dan teliti.
3)        Pengajaran micro adalah pengajaran yang sebenarnya. Calon guru harus membuat persiapan mengajar, melaksanakan pengajaran berdasarkan rencana yang telah dibuat, mengelola kelas, dan sebagainya.
4)        Pengajaran micro juga berarti belajar yang sesungguhnya ditinjau dari calon guru, dia belajar sebagaimana mengajar, sedangkan dari siswanya akan memperoleh atas belajar sesuatu, sesuai dengan tujuan pengajaran yang dirumuskan oleh calon guru.
5)        Pengajaran micro bukanlah simulasi. Dalam situasi mengajar teman sejawat, calon guru tidak boleh memperlakukan teman sebagai siswa- siswa.
6)        Untuk mendapatkan hasil rekaman yang akuran, pengajaran micro teaching dilengkapi dengan alat-alat perekam video maupun audio.

Tujuan Micro Teaching
Tujuan Umum Microteaching bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam proses pembelajaran atau kemampuan profesional calon guru dan/atau meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan dalam berbagai keterampilan yang spesifik. Latihan praktek mengajar dalam situasi laboratoris, maka melalui micro-teaching, calon guru ataupun guru dapat berlatih berbagai ketrampilan mengajar dalam keadaan terkontrol untuk meningkatkan kompetensinya
Tujuan khusus, latihan pembelajaran melalui microteaching sebagai berikut:
1.    Meningkatkan keterampilan peserta pelatihan mengenai cara menyusun Persiapan Mengajar/Satuan Acara Perkuliahan yang dimikrokan;
2.    Meningkatkan keterampilan teknik mengajar yang efektif bagi para peserta latihan;
3.    Dapat menganalisa tingkah laku mengajar diri sendiri dan teman- temannya.

4.    Latihan ketrampilan mengajar melalui laboratoris, diharapkan kelak dalam menghantarkan pembelajarannya akan terhindar dari "kikuk dan kaku".

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz