Definisi Micro Teaching Ciri-ciri dan Tujuan
Definisi Micro Teaching
Definisi Micro
berarti kecil, terbatas, sempit; Teaching berarti mengajar Microteaching berarti
suatu kegiatan mengajar yang dilakukan dengan cara menyederhanakan atau
segalanya dikecilkan, yakni dengan mengajar tertentu, akan dapat
diidentifikasikan berbagai keunggulan dan kelemahan diri calon guru secara
akurat.
Ciri-ciri
Pengajaran Micro Teaching
Pengajaran micro
teaching dengan
ciri-ciri sebagai berikut :
1)
Micro dalam pengajaran micro
berarti dalam skala kecil.
Skala kecil dapat berkaitan dengan ruang lingkup materi pelajaran, tujuan atau
kompetensi, waktu dan siswanya dan keterampilannya.
2)
Micro dalam pengajaran micro
dapat disamakan dengan pengertian micro. Makanya adalah berbagai sebagian kecil
keterampilan mengajar yang komplek akan dipelajari lebih mendalam dan teliti.
3)
Pengajaran micro adalah
pengajaran yang sebenarnya. Calon guru harus membuat persiapan mengajar,
melaksanakan pengajaran berdasarkan rencana yang telah dibuat, mengelola kelas,
dan sebagainya.
4)
Pengajaran micro juga berarti
belajar yang sesungguhnya ditinjau dari calon guru, dia belajar sebagaimana
mengajar, sedangkan dari siswanya akan memperoleh atas belajar sesuatu, sesuai
dengan tujuan pengajaran yang dirumuskan oleh calon guru.
5)
Pengajaran micro bukanlah
simulasi. Dalam situasi mengajar teman sejawat, calon guru tidak boleh
memperlakukan teman sebagai siswa- siswa.
6)
Untuk mendapatkan hasil
rekaman yang akuran, pengajaran micro teaching dilengkapi dengan alat-alat
perekam video maupun audio.
Tujuan
Micro Teaching
Tujuan
Umum Microteaching bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam proses
pembelajaran atau kemampuan profesional calon guru dan/atau meningkatkan
kemampuan tenaga kependidikan dalam berbagai keterampilan yang spesifik.
Latihan praktek mengajar dalam situasi laboratoris, maka melalui micro-teaching,
calon guru ataupun guru dapat
berlatih berbagai ketrampilan mengajar dalam keadaan terkontrol untuk
meningkatkan kompetensinya
Tujuan khusus, latihan
pembelajaran melalui microteaching sebagai berikut:
1.
Meningkatkan keterampilan
peserta pelatihan mengenai cara menyusun Persiapan Mengajar/Satuan Acara
Perkuliahan yang dimikrokan;
2.
Meningkatkan keterampilan
teknik mengajar yang efektif bagi para peserta latihan;
3.
Dapat menganalisa tingkah
laku mengajar diri sendiri dan teman- temannya.
4.
Latihan ketrampilan mengajar
melalui laboratoris, diharapkan kelak dalam menghantarkan pembelajarannya akan terhindar
dari "kikuk dan kaku".
0 komentar:
Posting Komentar
Jangan lupa Coment ya sooob...!