Artikel Education, General And Islamic

Definisi Metode Drill

Artikel terkait : Definisi Metode Drill


Metode mengajar adalah cara guru memberikan pelajaran dan cara murid menerima pelajaran pada waktu pelajaran berlangsung, baik dalam  bentuk memberitahukan atau membangkitkan.[1]
Oleh karena itu, peranan metode pengajaran ialah sebagai alat untuk menciptakan proses belajar mengajar yang kondusif. Dengan metode ini diharapkan tumbuh berbagai kegiatan belajar Santriwan/Santriwati sehubungan dengan mengajar guru, dengan kata lain terciptalah interaksi antara guru dengan murid.
Pengertian metode drill itu sendiri dari segi kebahasaan adalah metode latihan atau metode training. Sedangkan secara istilah Metode drill adalah cara atau  training mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan tertentu.[2]Metode ini telah dicontohkan sejak zaman Nabi jauh sebelum metode ini bergulir dan di kembangkan oleh para pakar pendidikan khususnya di Indonesia.Seperti halnya praktek atau latihan wudlu, shalat, tayamum, mengajar dan lain sebagainya.
Nana Sudjana mengatakan bahwa metode drill adalah satu kegiatan melakukan hal yang sama, berulang-ulang secara bersungguh-sungguh dengan tujuan untuk memperkuat suatu asosiasi dan menyempurnakan suatu ketrampilan agar menjadi bersifat permanen. Ciri yang khas dari metode ini adalah kegiatan berupa pengulangan yang berkali-kali dari suatu hal yang sama. [3] Dengan demikian terbentuklah sikap atau keterampilan sikap yang setiap saat siap untuk di pergunakan oleh yang bersangkutan.



[1] Abu dan Ahmad, Metode Khusus Pendidikan Agama, (1986), H. 152
[2]Zuhairimi, Metodologi Pendidikan , (Surabaya: Bina Ilmu,1983), H. 73
[3] Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Sinar Baru, 1991), H. 86

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz