Artikel Education, General And Islamic

Filsafat Pendidikan Islam Tentang Alam Semesta

Artikel terkait : Filsafat Pendidikan Islam Tentang Alam Semesta

Filsafat Islam Dan Alam Semesta - Artikel ini berbicara atau sedikit mengulas sebagian dari filsafat Islam yaitu; Hubungan alam dengan pendidikan islam terletak pada hubungan manusia sekitar social. Hubungan hakikat penciptaan alam dan pendidikan islam dapat dispesifikasikan sebagai berikut:
  1. Pendidikan islam harus beroerientasi pada upaya menumbuhkan kesadaran pada peserta didik akan penciptaan alam semesta.
  2. Pendidikan islam harus di dasarkan atas konsep kepercayaan  yang mengandung iman kepada Allah dimana Allah yang menciptakan alam semesta untuk kepentingan manusia.
Filsafat Islam Dan Alam Semesta
Image From fujinata.blogspot.com

Manusia adalah subyek pendidikan, sekaligus juga obyek pendidikan. manusia dewasa yang berkebudayaan adalah subyek pendidikan yang berarti bertanggungjawab menyelenggareakan pendidikan. mereka berkewajiban secara moral atas perkembangan pribadi anak-anak mereka, yang notabene adalah generasi penerus mereka. manusia dewasa yang berkebudayaaan terutama yang berprofesi keguruan (pendidikan) bertanggungjawab secara formal untuk melaksanakan misi pendidikan sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai yang dikehendaki masyarakat. Kedudukan manusia sebagai subyek didalam masyarakat, bahkan didalam alam semesta, memberikan konsekuensi tanggungjawab yang besar bagi diri manusia. Manusia mengembang amanat untuk membimbing masyarakat, memelihara alam lingkungan hidup bersama.

Alam semesta adalah media pendidikan sekaligus sebagai sarana yang digunakan oleh menusia untuk melangsungkan proses pendidikan. Didalam alam semesta ini manusia tidak dapat hidup dan "mandiri" dengan sesungguhnya. Karena antara manusia dan alam semesta saling membutuhkan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya. Dimana alam semesta ini butuh manusia untuk merawat dan memeliharanya sedangkan manusia butuh alam semesta sebagai sarana berinteraksi dengan manusia lainnya.

Dari uraian diatas terdapat hubungan yang erat antara Allah, manusia dan Alam semesta. Hubungan tersebut dinamakan trilogi hubungan yang terpola dalam hubungan dua arah, yaitu:
  1. Hubungan dengan Tuhan (Allah), sebagai makhluk ciptaannya
  2. Hubungan dengan masyarakat, sebagai makhluk social
  3. Hubungan dengan alam semesta, sebagai makhluk Allah yang harus mengelola, mengatur, memanfaatkan kekayaan alam yang terdapat di atas, di bawah, dan di dalam bumi. [1]
Fote Note
[1] M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam cet ke 3, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008), hal. 31 

Demikian sedikit ulasan tentang Filsafat Pendidikan Islam Tentang Alam Semesta semoga bermanfaat, jangan lupa komen, like and share. Terimakasih atas kunjungannya dan bagi sahabat blog ARWAVE yang menginginkan materi terkait dengan pembahasan saat ini atau yang lain silahkan tulis di kotak komentar. 

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz