Artikel Education, General And Islamic

Definisi Metode Penelitian Pendidikan dan 5 Langkah Pengembangan Pengetahuan

Artikel terkait : Definisi Metode Penelitian Pendidikan dan 5 Langkah Pengembangan Pengetahuan

Pengertian Metode Penelitian - Membuat sebuah karya ilmiyah tentu membutuhkan sebuah metode penelitian baik penelitian kualitatif, kuantitatif dan komparasi keduanya. Artikel ini akan membahas sedikit tentang apaitu penelitian?, bagaimanakah penerapan metode penelitian?, dan 5 langkah pengembangan pengetahuan, simak selengkapnya.

Penelitian adalah terjemahan dari bahasa inggris research. Research berasal dari kata re, yang berarti kembali dan to search yang berarti mencari. Dengan demikian, arti asal kata research adalah mencari kembali atau pencarian berulang-ulang. Dalam bahasa Indonesia, kata research dialihaksarakan menjadi riset.[1]

Metode Penelitian Pendidikan
Image From www.anneahira.com

Secara umum, penelitian diartikan sebagai suatu proses pengumpulan data dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data menggunakan metode-metode ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif, eksperimental atau non eksperimental, interaktif atau noninteraktif. Metode-metode tersebut telah dikembangkan secara intensif, melalui berbagai ujicoba sehingga telah memiliki prosedur yang baku. Metode penelitian adakalanya juga disebut “metodologi penelitian” dalam makna yang lebih luas bisa berarti “desain” atau rancangan penelitian. Rancangan ini berisi rumusan tentang objek atau subjek yang akan diteliti, teknik-teknik pengumpulan data, prosedur pengumpulan dan analisis data berkenaan dengan fokus masalah tertentu.

Penelitian merupakan upaya untuk mengembangkan pengetahuan, mengembangkan dan menguji teori. mcMillan dan Schumacher mengutip pendapat Walberg (1986), ada 5 langkah sebagai berikut:

5 langkah pengembangan pengetahuan melalui penelitian
  1. mengidentifikasi masalah penelitian
  2. melakukan studi empiris
  3. melakukan replikasi atau pengulangan
  4. menyatukan (sintesis) dan mereviu
  5. menggunakan dan mengevaluasi oleh pelaksana.[2]
Sedangkan penelitan pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan.[3]

Berdasarkan uraian diatas maka dapat dikemukakan bahwa metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan. [4]

Fote Note
[1] H. Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, ( CV. PUSTAKA SETIA, Bandung: 2011 ) hal. 22.
[2] Nana Syaodih Sukmadinata, MetodePenelitian Pendidikan,(PT. REMAJA POSDAKARYA, Bandung: 2009) hal. 5.
[3] Hadi, Amirul. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia. Hal. 12.
[4] Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta. Hal.6.
Demikian sedikit ulasan tentang Definisi Metode Penelitian Pendidikan dan 5 Langkah Pengembangan Pengetahuan semoga bermanfaat, jangan lupa komen, like and share. Terimakasih atas kunjungannya dan bagi sahabat blog ARWAVE yang menginginkan materi terkait dengan pembahasan saat ini atau yang lain silahkan tulis di kotak komentar. 

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz