Artikel Education, General And Islamic

Tujuan Kedisiplinan Pendekatan dan Bentuknya

Artikel terkait : Tujuan Kedisiplinan Pendekatan dan Bentuknya


Tujuan Kedisiplinan
Setiap perbuatan manusia mempunyaai tujuan-tujuan tertentu. Menurut Ellen G. White disiplin memiliki tujuan sebagai berikut[1];
a.   Pemerintahan atas diri.
b.  Menaklukan kuasa kemauan.
c.   Perbaiki kebiasaan-kebiasaan.
d.  Hancurkan benteng setan.
e.   Ajar menghormati orang tua dan Ilahi.
f.     Penurutan atas dasar prinsip, bukan paksaan.
Pendekatan dalam kedisiplinan
Menurut Benyamin Spock menyebutkan disiplin ada 3 (tiga) yaitu: disiplin otoriter, disiplin lunak, dan disiplin demokratik.[2]
a.       Disiplin otoriter
Disiplin otoritarian hampir identik dengan pengendalian tingkah laku berdasarkan tekanan, dorongan, pemaksaan dari luar diri seseorang. Pada pendekatan ini hukuman dan ancaman dapat dipakai untuk memaksa, menekan, mendorong sesorang mematuhi dan menaati peraturan.
b.      Disiplin lunak (permisif)
Dalam disiplin ini seseorang dapat bertindak menurut keinginannya. Dibebaskan untuk mengambil keputusan sendiri dan bertindak sesuai dengan keputusan yang diambilnya itu.
c.        Disiplin demokratis
Pendekatan disiplin demokratis dilakukan dengan member penjelasan, diskusi dan penalaran untuk membantu anak memahami mengapa diharapkan mematuhi dan menaati peraturan yang ada. Tekhnik ini menekankan aspek edukatif bukan aspek hukuman.
Bentuk Disiplin
Jenis-jenis kedisiplinan tersebut[3] :
a.   Disipin dalam belajar
b.  Disiplin dalam mentaati peraturan
c.   Disiplin dalam beribadah




[1] Ellen G. White, Mendidik dan Membimbing Anak, ( Bandung; Indonesia Publishing House, 1998), 213-214.
[2] Benyamin Spock, terj. Wunan Jaya K. Liotohe, Raising Children In a Difficult Time, (Jakarta; Gunung Jati, 1982), 60.
[3] Imam Bawani, Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam, cet. I, (Surabaya: Al Ikhlas, 1993), 99.

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz