Artikel Education, General And Islamic

Karakteristik dan Langkah-langkah Metode Penelitian pendidikan

Artikel terkait : Karakteristik dan Langkah-langkah Metode Penelitian pendidikan

Karakteristik dan Langkah-langkah Metode Penelitian pendidikan - Bertolak dari dua sifat dasar penelitian yang telah saya ulas pada artikel jenis-jenis penelitian, daoat dikemukakan beberapa karakteristik dari penelitian, khususnya pendidikan. Berikut beberapa karakteristik penelitian simak selengkapnya sebagai berikut:

Metode Penelitian pendidikan
Image From accounting-media.blogspot.com
Objektifitas
Penelitian harus memiliki objektifitas baik dalam karakteristik maupun prosedurnya. Objektivitas dicapai melalui keterbukaan, terhindardari bias dan subjektivitas. Dalam prosedurnya, penelitian menggunakan teknik pengumpulan dan analisis data yang memungkinkan dibuat interpretasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Objektivitas juga menunjuka kualitas data yang dihasilkan dari prosedur yang digunakan yang dikontrol dari bias dan subjektivitas.

Ketepatan
Penelitian juga harus memiliki tingkat ketepatan, secara teknis instrumen pengumpulan datanya harus memiliki validitas dan reliabilitas yang memadai, desain penelitian, pengambilan sempel dan teknik analisisnya tepat.dalam penelitian kuantitatif, hasilnya dapat diulang dan diperluas, dalam penelitian kualitatif memiliki sifat reflektifdan tingkat komparasi yang konstan.

Verivikasi
Penelitian dapat diverifikasi, dalam arti dapat dikonfirmasikan, direvisi dan diulang dengan cara yang dsms atau berbeda.verifikasi dalam penelitian kualitatif berneda dengan kuantitatif.  Penelitian kualitatif memberikan interpretasi deskriptif, verivikasi berupa perluasan, pengembangan tetapi bukan pengulangan. Verivikasi juga bermakna memberikan sumbangan kepada ilmu ataustudi lain.

Penjelasan Ringkas
penelitian mencoba memberikan penjelasan tentang hubungan antar fenomena  dan menyederhanakannya menjadi penjelasan yang ringkas. Tujuan akhir darisuatu penelitian adalah mereduksi realita yang kompleks kedalam penjelasan yang singkat. Dalam penelitian kuantitatif penjelasan singkat tersebut berbentuk generalisasi,tetapi dalam penelitian kualitatif berbentuk deskripsi tentang hal-hal yang esensial atau pokok.

Empiris
Penelitian diawali dengan sikap dan pendekatan empiris yang kuat. Secara umum empiris berarti berdasarkan pengalaman praktis. Dalam penelitian empris kesimpulan didasarkan atas kenyataan-kenyataan yang diperoleh dengan menggunakan metode penelitian yang sistematik, bukan berdasarkan pendapat atau kekuaasaan.[1]

Fote Note
[1]  H. Mahmud, Metode..,2011, 8.

Demikian sedikit ulasan tentang Karakteristik dan Langkah-langkah Metode Penelitian pendidikan semoga bermanfaat, jangan lupa komen, like and share. Terimakasih atas kunjungannya dan bagi sahabat blog ARWAVE yang menginginkan materi terkait dengan pembahasan saat ini atau yang lain silahkan tulis di kotak komentar. 

Artikel Arwave Blog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Coment ya sooob...!

Copyright © 2015 Arwave Blog | Design by Bamz